Cara Menjaga Kesehatan Mental Demi Masa Depan yang Indah

Cara Menjaga Kesehatan Mental Demi Masa Depan yang Indah – Ting tong.. bunyi notifikasi pesan chat masuk di hape. Aji pun langsung membukanya. Terlihat sebuah chat dari seorang teman yang isinya begini. “Ji, aku stress nih. Skripsiku belum kelar-kelar; pusing.”. Namanya Nadia, teman Aji dari SMA. Kita sama-sama masuk kuliah. Aji udah lulus duluan. Tapi, entah kenapa dan masalahnya dimana Nadia belum juga menyelesaikan studinya. “Mana ortu udah nyuruh aku nikah, katanya aku udah tua lah, aku gatau mau ngapain sekarang Ji, aku putus asa. Apa aku berhenti kuliah aja?” sambungnya lagi. “Satu lagi, Ji. Aku juga baru diputusin sama Reno. Hancur sudah semuanya, Ji.” lanjutnya lagi seraya mengirimkan icon menangis. Aji masih belum membalas satupun pesan Nadia. Maksud hati nanti aja pas nelfon, biar lebih leluasa curhatnya.

Curhat Itu Baik

Terkadang, ketika ditimpa masalah sebagian orang merasa lebih nyaman menceritakannya kepada orang lain. Aktivitas ngobrol atau cerita ini disebut juga dengan curhat. Curhat bisa dilakukan dengan keluarga, saudara, sahabat yang penting dia adalah orang yang bisa dipercaya. Mengapa curhat itu baik? Coba deh rasakan setelah kamu curhat kepada orang lain? Pasti lega kan?. Nah, perasaan lega ini adalah salah satu efek baik dalam menjaga kesehatan mental. Selain itu, Aji ada informasi cara menjaga kesehatan mental demi masa depan yang indah. Cara-cara ini sudah Aji praktek-kan sendiri loh.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Demi Masa Depan yang Indah

Sebagai insan yang aktif, produktif, kreatif dan tetap maksimal baik dalam bekerja atau belajar, penting sekali untuk menjaga kesehatan mental. Kalau kesehatan mental terganggu, kita jadi gampang stress dan depresi. Contohnya seperti Nadia tadi. Karena beberapa masalah yang terjadi dalam hidupnya membuat kesehatan mental Nadia terganggu. Akibatnya, emosi jadi tidak terkendali. Jika dibiarkan, akan menimbulkan perilaku yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Layaknya kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting diperhatikan. Berikut cara menjaga kesehatan mental demi masa depan lebih indah :

1. Curhat, ceritakan apa yang kamu rasakan
Seperti yang Aji tuliskan di atas tadi. Curhat itu baik loh. Jangan ragu untuk curhat apabila kamu ada masalah dan merasa tidak tenang jika dipendam sendiri. Menceritakan apa yang kamu rasakan dapat menjaga kesehatan mental. Curhatlah dengan orang yang tepat dan dapat kamu percaya. Selain mendapat kelegaan setelah curhat, tak jarang juga sang pendengar bisa memberikan solusi untuk masalahmu.

2. Makan teratur
Adakalanya di saat banyak masalah kita kehilangan nafsu makan. Hal ini hanya akan membuat keadaan semakin buruk. Kalau kamu gak makan, terus sakit malah menambah masalah kan. Cobalah untuk makan cemilan sehat jika tidak tertarik untuk makan makanan berat.

3. Olahraga
Ketika kesehatan mental terganggu, biasanya kita akan merasakan malas ngapa-ngapain alias mager. Badan lemas, kepala pusing mikirkan masalah. Sebaiknya ambil waktu untuk olahraga. Gak usah yang berat-berat dulu, kamu bisa jogging kecil di sekeliling komplek atau di lapangan dekat rumah.

4. Hibur diri dengan jalan-jalan
Nah, ini yang Aji sering lakukan kalau stress mulai menghadang. Hibur dirimu dengan jalan-jalan. Bisa ke mall, ke pantai, atau ke gunung.

5. Lakukan aktivitas hobi yang disukai
Jika mulai merasa ada yang mengganggu pikiran atau kesehatan mental kamu. Alihkan sejenak dengan aktivitas yang kamu sukai. Entah itu main musik, nyanyi, bikin kue, nyobain baju di lemari dan aktivitas lainnya.

Tanpa disadari saat ada yang mengeluh mengalami gangguan fisik, terkadang itu adalah gangguan kesehatan mental loh. Jadi tetap hati-hati ya.

Konsultasi Dengan Ahlinya

Nah, kalau dirasa kesehatan mental mulai menurun dan tidak tahu cara memperbaikinya; kamu bisa konsultasi dengan ahlinya. Silahkan kamu diskusikan apa yang kamu rasakan dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Lewat apa? kamu bisa berinteraksi dengan dokter atau psikolog lewat fitur Talk to a Doctor. Caranya mudah, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice atau Video Call.

Halodoc adalah sebuah aplikasi kesehatan terpadu yang memfasilitasi interaksi antara dokter dengan pasien. Aplikasi Halodoc memberikan kemudahan untuk mengakses kesehatan pada saat kita membutuhkan dokter. Halodoc juga mempunyai fitur yang memungkinkan pengguna dapat berkomunikasi dengan dokter melalui beberapa pilihan yakni fitur voice, video call dan chat.

Penting banget ya menjaga kesehatan mental demi masa depan yang indah. Sayang loh.. masa muda kita terlewati dengan stress dan depresi. Semoga kita semua selalu bahagia ya. Download aplikasi halodoc sekarang di Apps Store atau Google Play Store!

1 Comment

Leave A Reply

Navigate