Cara Memilih Jenis Marmer Untuk Rumah Minimalis dan Elegan

Akhir-akhir ini rumah dengan konsep minimalis menjadi trend dan menjadi pilihan banyak orang sebagai tempat tinggal. Apalagi untuk pasangan-pasangan muda yang baru menikah. Alasannya karena rumah dengan gaya minimalis ini dapat dibangun di lahan yang cukup terbatas. Rumah minimalis juga akan lebih mudah ditata dan dipercantik. Salah satu cara membuat tampilan rumah minimalis nan cantik yaitu menggunakan material yang unik. Marmer contohnya. Nah, jika teman pembaca Aji ingin menampilkan interior rumah yang elegan, batu marmer merupakan salah satu material bangunan yang cocok. Harga batu marmer memang tidak murah, hal ini karena marmer memiliki corak yang unik, kualitas oke dan jenisnya yang sangat beragam. Ini cara memilih jenis Marmer untuk rumah minimalis dan elegan.

Golden Tulip Holland Resort Batu Malang
Restaurant
Wall : Onyx – Chacarel

Apa itu Marmer?

Marmer merupakan salah satu jenis batu metamorf atau malihan, dimana proses terbentuknya karena diakibatkan oleh proses metamorfosis batu kapur atau batu gamping. Marmer sering digunakan sebagai penghias rumah seperti lantai, dinding, meja,bangku, dan lain-lain. Batu ini memiliki banyak kelebihan, tampilannya yang sangat indah membuatnya seringkali dipilih sebagai bahan untuk dekorasi rumah.

cara memilih jenis marmer
Marmer Travertine
Gambar oleh Fabio Stellato dari Pixabay

Jenis- jenis Batu Marmer

Sebagai salah satu jenis batuan alam dan sebagai salah satu jenis batuan malihan atau metamorf, batu marmer ini mempunyai beberapa jenis. Biasanya dibedakan berdasarkan warna, tekstur, dan juga komposisi mineral yang menyusun batuan tersebut. Jenis- jenis dari batuan marmer antara lain sebagai berikut:

Jenis- jenis dari batuan marmer
No. Nama Jenis Keterangan
1. Statuary jenis batuan marmer yang putih bersih dan mempunyai teksture yang bagus
2. Architectural batuan marmer yang mempunyai warna teksur, mutu, dan kekuatan yang bagus
3. Ornamental batuan marmer yang memiliki warna yang indah
4. Onix batuan marmer yang yang jernih dan terdiri dari materal- material organik dan juga kalsit
5. Cipolin batuan marmer yang banyak mengandung mika dan juga talk
6. Ruin batuan marmer yang bertekstur hakus dan juga kristal yang tidak teratur
7. Breccia batuan marmer yang mempunyai tekstur asar dan juga paesegi
8. Shell batuan marmer yang terdiri dari fosil- fosil.
9. Carrara batu marmer yang mempunyai warna putih murni.
Batu jenis ini seringkali digunakan oleh bangsa Yunani dan Romawi sebagai bahan dasar pembuatan patung dan juga air mancur
10. Limestone marmer yang yang memiliki warna begie atau coklat. Batu marmer ini bisa ditemukan dari danau ataupun bekas danau
11. Breksi batu marmer yang terbentuk karena adanya bekas longsoran tanah
12. Marmer budidaya marmer yang dibuat oleh manusia, yakni kombinasi antara debu marmer dan juga semen
13. Marmer hijau batuan pertama yang hanya sekedar terlihat seperti mamrmer namun bukan marmer asli.

Cara Memilih Jenis Marmer

Indonesia merupakan salah satu penghasil berbagai jenis marmer. Negara Turki, India, Spanyol, Yunani, Tiongkok, dan Italia juga dikenal sebagai penghasil dan pengekspor marmer terbaik. Karena perbedaan daerah asal batu bisa mengakibatkan perbedaan proses terbentuk dan kemurniannya sehingga pada akhirnya memengaruhi karakter, kekuatan, warna, dan motif marmer. Di bawah ini Aji ulas beberapa jenis marmer yang terkenal.

1. Marmer Statuario
Marmer ini berwarna putih dengan gurat hitam ditambang dari perbukitan yang tertutup salju dan biasanya impor dari Tiongkok. Marmer jenis ini memiliki harga yang tinggi, mengilap dan memberikan kesan lebih dingin, marmer statuario cocok untuk digunakan sebagai lantai di daerah tropis.

2. Marmer Travertine
Marmer travertine punya tampilan khas berupa guratan serta lubang-lubang alami dan warnanya beragam mulai dari cokelat, abu-abu, hingga biru. Untuk kesan yang natural, lubang-lubang itu bisa dibiarkan terbuka. Tetapi bisa juga ditutupi resin atau polimer transparan, lalu dipoles supaya mengilap. Travertine biasa digunakan untuk interior bangunan.

3. Marmer Onyx
Seperti namanya, marmer ini memiliki tampilan seperti batu onyx yang berlapis-lapis dan seakan-akan tampak transparan.

4. Marmer Hitam
Pilihan marmer hitam ada dua yang paling terkenal di dunia, yaitu marmer levadia black dan marmer nero marquina. Marmer levadia black berasal dari Yunani. Marmer ini berwarna hitam dengan gurat abu-abu dan putih. Ada juga yang menyebutnya marmer titanium black. Sementara itu, nero marquina berasal dari Spanyol dan memiliki guratan putih yang kontras.

5. Marmer Kristalin
Wilayah Lampung dan Poso, Indonesia merupakan penghasil marmer kristalin yang terkenal. Marmer Lampung memiliki dasar abu-abu mengilap, urat putih atau abu-abu kehitaman, permukaannya halus, tanpa lubang, transparan, dan keras.

6. Marmer Carrara
Marmer carrara biasanya berwarna abu-abu, biru keabu-abuan, atau putih dengan gurat yang halus dan tipis. Marmer ini sering digunakan untuk membuat patung atau dekorasi bangunan karena harganya terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran. Marmer carrara yang berwarna putih memberikan kesan bersih sehingga cocok untuk digunakan di kamar mandi.

7. Marmer Buatan
Marmer buatan dibuat untuk memenuhi permintaan pasar. Proses pembuatannya dari aklirik dan tentunya tidak membutuhkan waktu pembuatan hingga ribuan tahun seperti marmer asli. Marmer buatan ini biasanya disebut sebagai solid surface dan potongannya lebih kecil serta tipis dibandingkan marmer asli. Coraknya juga cenderung seragam karena buatan mesin atau manusia. Dari sisi kekuatan, marmer asli lebih kuat dibandingkan marmer buatan. Namun, marmer buatan dipasarkan dengan harga yang lebih murah, mudah didapat, dan tidak menyerap cairan. Warnanya juga bisa dibuat mirip seperti marmer asli.

Fagetti Supplier Marmer Utama di Indonesia

Setelah menentukan pilihan jenis marmer yang digunakan sekarang Aji mau bahas supplier marmer. Fagetti adalah kepanjangan dari PT. Fajar Gelora Inti merupakan produsen dan supplier batu alam grade premium yang berbasis di Indonesia. Fagetti menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam terlengkap. Batu alam impor yang dimiliki di antaranya adalah marmer, onyx, granit, travertine dan limestone. Ke-semua koleksi marmer impor serta batu alam lainnya tersebut dipajang di showroom dan pabrik Fagetti yang berlokasi di Cibitung, Bekasi dengan luas 23 hektare.

Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap dengan jenis dan motif yang unik

Selain sebagai supplier marmer utama di Indonesia, Fagetti juga merupakan supplier marmer terlengkap dengan jenis dan motif yang unik. Perusahaan Fagetti didirikan oleh Ferdinand Gumanti, yang mana merupakan satu-satunya orang di Asia yang menerima gelar “Master of Art Stone” oleh Antica Libera Corporazione Dell’Arte Della Pietra, Italia pada tahun 2014. Dengan teknologi yang canggih, Fagetti mentransformasikan hadiah alam menjadi potongan jadi sesuai dengan gaya yang diinginkan, apakah halus seperti sutra atau kasar.

Itulah cara memilih jenis marmer untuk rumah minimalis dan elegan dari ajicara.com . Gimana? udah mulai ada bayang-bayang belum kira-kira mau marmer yang seperti apa untuk rumah tercinta?. Aji ucapkan selamat ya buat yang sudah memasuki rumah barunya.

Leave A Reply

Navigate